• Jumat, 20 Mei 2022

Presiden Jokowi Resmi Ajukan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Tunggu Persetujuan DPR RI

- Rabu, 3 November 2021 | 11:57 WIB
KSAD Jenderal Andika Perkasa. (dok.puspen TNI AD)
KSAD Jenderal Andika Perkasa. (dok.puspen TNI AD)

BRITAKAN.COM - Joko Widodo (Jokowi) melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno secara resmi telah mengirimkan surat presiden (supres), calon panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), mengusulkan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI

Dalam surpres itu, Jokowi mengusulkan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun bulan ini.

"Presiden dalam suratnya hanya mengusulkan satu nama calon panglima TNI kepada DPR RI untuk dapat mendapatkan persetujuan. Dan karena itu pada hari ini melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan surpres mengenai usulan calon panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa," ujar Ketua DPR RI Puan Maharani dalam keterangan pers, Rabu 3 November 2021.

Pimpinan DPR RI akan menindaklanjuti surpres itu dengan menugaskan Komisi I DPR RI melakukan fit and proper test terhadap Andika. Setelah itu, hasilnya akan dilaporkan kepada forum rapat paripurna untuk disetujui.

Baca Juga: Jadwal Hylo Open 2021 Pukul 15.05 WIB, Hari Ini Rabu 3 November 2021: Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra Main

"Agenda pengangkatan panglima TNI ini mendapat perhatian penuh DPR RI," kata Puan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan memasuki purnatugas akhir November 2021. Sejumlah nama digadang-gadang menggantikan Hadi memimpin pucuk pimpinan tertinggi di tubuh TNI. Salah satunya KSAD Jenderal Andika Perkasa.

Santer beredar nama KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon kuat Panglima TNI.

Karena jika sesuai urutan, maka kini matra laut yang ditunjuk sebagai Panglima TNI, setelah sebelumnya matra darat dan matra udara.

Halaman:

Editor: Israjab

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X