• Minggu, 25 September 2022

Eksotis 17 Taman Laut di Pulau Riung Flores

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:37 WIB
Kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung yang terletak kecamatan Riung, Kabupaten Ngada , Provinsi Nusa Tenggara Timur  (Foto | Indonesia Kaya)
Kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung yang terletak kecamatan Riung, Kabupaten Ngada , Provinsi Nusa Tenggara Timur (Foto | Indonesia Kaya)

NGADA,Britakan.com - Kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak sekali potensi wisata yang dapat dieksplorasi lebih jauh, terutama potensi dari sisi wisata bahari. 

Taman laut 17 ini, tepatnya berada di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, memiliki sekitar tiga puluh pulau yang tersebar di sebelah utara pulau Flores

Jika kamu dari Jakarta, rute penerbangan yang kamu ambil adalah rute Jakarta-Bajawa. Lalu dari Bajawa dilanjutkan melalui jalur darat dengan jarak tempuh 50 KM. 

Baca Juga: Adu Kekayaan Panglima TNI Andika Perkasa dan Jendral Listyo Sigit Prabowo ,Siapa Lebih Unggul ?

Nama taman laut 17 disematkan sebagai pengingat akan hari lahirnya Bangsa Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Wilayah dari Taman Laut 17 Pulau Riung sendiri meliputi lima desa di Kecamatan Riung yaitu Lengkosambi, Benteng Tengah, Tadho, Sambinasi, dan Nangamese. Berjarak sekitar 75 km dari Kota Bajawa, ibu kota Kabupaten Ngada, diperlukan waktu sekitar dua setengah jam untuk tiba di kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung.

Petualangan di kawasan taman laut ini dapat dimulai dari dermaga Riung, Desa Nangamese dengan menyewa kapal dan membayar tiket masuk ke dalam kawasan taman laut. Kawasan Taman Laut 17 Pulau Riung memang hanya bisa dijelajahi dengan menyewa kapal. Dari kedua puluh empat pulau yang ada di kawasan taman laut di Riung ini, hamper sebagian besar tak berpenghuni.

Pulau Ontole sebagai pulau terbesar di kawasan taman laut ini merupakan pulau yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Pulau Meja dan Pulau Tiga juga menjadi pilihan para wisatawan terutama untuk menikmati keindahan bawah laut di sekitar pulau dengan bersnorkeling.

Baca Juga: KPK Berhasil Menyelamatkan Potensi Kerugian Keuangan Negara Sebesar 26,16 Triliun

Pulau Rutong juga menyimpan pesona dengan pemandangan pasir putihnya yang indah (Foto| Istimewa)

Halaman:

Editor: Dodi Hendra

Sumber: Indonesia Kaya

Tags

Terkini

X