• Minggu, 5 Februari 2023

Hari Ke-13 Januari 2023, Sejenak kembali ke 2022, Candi Borobudur-Prambanan Resmi Jadi Pusat Ibadah Keagamaan

- Jumat, 13 Januari 2023 | 16:56 WIB
Pada 11 Fabruari 2022 Pemerintah sepakati Candi Prambanan dan Borobudur di Yogyakarta dapat dimanfaatkan untuk kegiatan keagamaan umat Hindu dan Buddha se-dunia. (Freepik.com via britakan.com)
Pada 11 Fabruari 2022 Pemerintah sepakati Candi Prambanan dan Borobudur di Yogyakarta dapat dimanfaatkan untuk kegiatan keagamaan umat Hindu dan Buddha se-dunia. (Freepik.com via britakan.com)

BRITAKAN.com - Umat Buddha Indonesia dan bahkan dunia, kini bisa beribadah rutin di Candi Borobudur.

Demikian juga dengan umat Hindu, bisa manfaatkan Candi Prambanan sebagai pusat kegiatan peribadahan.

Bahkan, Pedoman Pemanfaatan Candi Prambanan sudah diterbitkan, seperti yang dilansir Britakan.com dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, kemenag.go.id, Jumat (13/01/2023).

Baca Juga: Jaga Penetrasi Pasar Luar Negeri, Bahlil: Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik Tingkatkan Lapangan Kerja

Ditjen Bimas Hindu kini tengah siapkan regulasi yang akan memfasilitasi umat Hindu dalam mengurus pemberitahuan kegiatan.

Ada 14 kegiatan keagamaan Hindu yang ditetapkan dapat dilaksanakan di Candi Prambanan selama tahun 2022 – 2026, yaitu: Hari Suci Sivaratri; Hari Suci Nyepi Nasional; Abhiseka Sivagraha; Hari Suci Galungan dan Kuningan; serta Hari Suci Saraswati, Banyu Pinaruh, dan Pagerwesi.

Selain itu, Candi Prambanan bisa menjadi tempat Persembahyangan Hari Suci Purnama dan Tilem; Puja Tri Sandhya; Yoga Sadhana; Dharma Yatra atau Tirtha Yatra; Pendidikan dan Pelatihan Pandita dan Pinandita; Pendidikan dan Pelatihan Srati dan Pelaksana Yadnya; Pengkajian tentang Aspek Arsitektur, Nilai Religi, Budaya Sosial, dan Ekonomi Hindu; Sadhana Camp / Jambore Anak-Anak Pasraman dan Pemuda Pemudi Hindu; serta Seminar / Konferensi/ Sabha Hindu Nasional dan Internasional.

Baca Juga: Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Dikelola Bersama Kemenag RI dan Persatuan Emirat Arab, Ini Sedikit Lagi Selesai!

Bersamaan itu, umat Hindu dari berbagai daerah bahkan dunia diundang untuk beribadah ke Candi Prambanan. Bahkan, beribadah yang dilakukan di bawah lima orang bisa langsung ke lokasi tanpa perlu mengurus pemberitahuan.

Kesepakatan Yogyakarta

Halaman:

Editor: Konradus Fedhu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bunda Corla Resmi Dilaporkan Farhat Abbas

Rabu, 1 Februari 2023 | 17:42 WIB
X