• Minggu, 5 Februari 2023

Perppu Cipta Kerja Jadi Sorotan, Charles Honoris: DPR Punya Hak untuk Tentukan Sikap Menolak atau Menerima

- Kamis, 12 Januari 2023 | 18:00 WIB
Perppu Cipta Kerja Jadi Sorotan, Charles Honoris: DPR Punya Hak untuk Tentukan Sikap Menolak atau Menerima. (britakan.com/Ist.)
Perppu Cipta Kerja Jadi Sorotan, Charles Honoris: DPR Punya Hak untuk Tentukan Sikap Menolak atau Menerima. (britakan.com/Ist.)

BRITAKAN.com - Polemik Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja (Ciptaker) masih menjadi perbincangan di tengah masyarakat.

Pasalnya peraturan itu menjadi penting karena memengaruhi banyak hal di masyarakat, yakni terkait dengan kalangan kelas pekerja.

Menurut Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, DPR hanya mempunyai hak menentukan sikap terkait keberadaan Perppu Ciptaker.

Baca Juga: Lantik Silmy Karim sebagai Dirjen Imigrasi Baru, Menkumham Yasonna Laoly Perintahkan Enam Langkah Penting Ini

“Kalau kita bicara Perppu, DPR itu tidak punya hak untuk membahas sebetulnya. Kita hanya bisa menolak atau menerima,” kata Charles di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (11/1/2023), dilansir dari laman Parlementaria Terkini DPR.

Saat ini sejumlah pihak mengajukan permohonan gugatan terhadap Perppu Ciptaker ke MK.

Dalam surat permohonan yang diterima oleh MK pada 5 Januari 2022 disebutkan para pemohon mengalami kerugian berupa ketidakpastian hukum setelah Perppu itu keluar.

Akan tetapi, Perppu Ciptaker disebut tetap sah dan mengikat setelah diumumkan pemerintah kepada masyarakat.

Maka dari itu saat ini penentuan ada di tangan DPR.

Jika disetujui DPR maka Perppu Ciptaker sah menjadi Undang-Undang.

Halaman:

Editor: Konradus Fedhu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bunda Corla Resmi Dilaporkan Farhat Abbas

Rabu, 1 Februari 2023 | 17:42 WIB
X