• Minggu, 25 September 2022

Tidak Terdaftar Sebagai Penerima BLT BBM? Mudah , Begini cara Daftarnya

- Senin, 12 September 2022 | 20:13 WIB
Cara cek BLT BBM (Foto |Britakan.com)
Cara cek BLT BBM (Foto |Britakan.com)

 

Britakan.com- Pemerintah menggelontorkan bantuan langsung tunai (BLT) BBM Rp.600.000 untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Simak cara daftar BLT BBM Rp.600.000 melalui situs cekbansos.kemensos.go.id

Kementerian Sosial menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Mensos Tri Rismaharini, mengatakan bahwa BLT BBM ini diberikan selama 4 bulan dengan nominal per bulan Rp.150.000 per keluarga penerima manfaat.

Penyaluran dilakukan dua tahap. Tahap pertama dicairkan untuk 2 bulan Rp300 ribu pada September 2022 dan tahap kedua dicairkan 2 bulan Rp300 ribu pada Desember 2022," ujar Risma dalam keterangan resmi seperti dikutip, Kamis (8/9/2022).

Baca Juga: Menyambut Hari Jadi Polisi Lalu Lintas ke- 67, Ini yang Dilakukan Polres Ngada

Berdasarkan data Kemenkeu, BLT BBM akan diberikan kepada 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan total nilai Rp12,4 triliun.

Menurut Risma, pihkanya mengupayakan langkah-langkah strategis penyaluran BLT BBM tepat sasaran. Pertama, dengan melakukan sistem updating DTKS setiap bulan. Pembaruan data ini dilakukan setiap bulan bersama pemerintah daerah. Mensos menjabarkan bahwa di minggu pertama dan kedua tugas pemerintah daerah melakukan verifikasi.

Setelah selesai diverifikasi, di minggu ketiga Kemensos mengecek ulang untuk memastikan bahwa yang diusulkan layak mendapat bantuan. Kemudian, Kemensos menetapkan untuk penyaluran selanjutnya.

Baca Juga: Temui LAN dan BKN, Menteri PANRB Bedah Solusi Masalah Tenaga Non ASN, Ini Link Pendaftarannya

Kemensos juga memiliki aplikasi cek bansos yang bisa juga diakses di laman cekbansos.kemensos.go.id dan di dalamnya terdapat fitur usul sanggah.Setiap warga masyarakat bisa melakukan pengecekan apakah datanya termasuk sebagai penerima Bansos Kemensos atau tidak.

Halaman:

Editor: Dodi Hendra

Tags

Terkini

Wajib Tahu, Begini Cara Daftar Penerima BLT BBM

Kamis, 8 September 2022 | 13:03 WIB
X