• Minggu, 25 September 2022

Lebih dekat dengan Bank Indonesia ,Ini Tugas dan Profil serta Fungsinya

- Minggu, 11 September 2022 | 10:11 WIB
Kantor Bank Indonesia  (Foto | Britakan.com )
Kantor Bank Indonesia (Foto | Britakan.com )

 

Britakan.com - Fungsi Bank Indonesia umumnya sebagai bank sentral milik pemerintah Indonesia. Namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui fungsi-fungsi lain Bank Indonesia.

Bank Indonesia adalah bank sentral independen yang bebas dari campur tangan pemerintah dan atau pihak-pihak lain.

Sebagai bank sentral, Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal, yakni mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

 Baca Juga: Gratis! Kemenpora Buka Kompetisi Video Animasi Hadiah Puluhan Juta Rupiah , Ini Link Pendaftarannya

Babak baru dalam sejarah Bank Indonesia(BI) sebagai Bank Sentral yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya dimulai ketika sebuah undang-undang baru, yait​u UU No.23/1999 tentang Bank Indonesia, dinyatakan berlaku pada tanggal 17 Mei 1999 dan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia No.6/ 2009. 

Undang-undang ini memberikan status dan kedudukan sebagai suatu lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, bebas dari campur tangan Pemerint​​ah dan/atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang ini.

Bank Indonesia mempunyai otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dalam undang-undang tersebut. Pihak luar tidak dibenarkan mencampuri pelaksanaan tugas Bank Indonesia, dan Bank Indonesia juga berkewajiban untuk menolak atau mengabaikan intervensi dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga.

 Baca Juga: Puskesmas Wae Nenda Gelar Rapat Lintas Sektor Triwulan Pertama , Urus kesehatan bukan hanya tugas Puskesmas

Status dan kedudukan yang khusus tersebut diperlukan agar Bank Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai otoritas moneter secara lebih efektif dan efisien.

Halaman:

Editor: Dodi Hendra

Sumber: Bank Indonesia

Tags

Terkini

Wajib Tahu, Begini Cara Daftar Penerima BLT BBM

Kamis, 8 September 2022 | 13:03 WIB
X