• Minggu, 25 September 2022

Profil dan Informasi Lengkap Universitas Terbuka Mulai dari Fakultas sampai Pembiayaan Kuliah

- Kamis, 8 September 2022 | 15:51 WIB
Kampus UT (Foto| Britakan.com)
Kampus UT (Foto| Britakan.com)

 

Britakan.com - Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar Universitas Terbuka? Kampus yang terbuka untuk siapa saja? Ya… nggak salah, sih. Lebih tepatnya, sistem pembelajaran Universitas Terbuka (UT) itu, terbuka dan bisa dilakukan dengan jarak jauh, dengan tujuan untuk meningkatkan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi di Indonesia. Bahkan, sistem terbuka ini nggak terbatas oleh daerah terpencil di Indonesia, melainkan sampai ke luar negeri.

Sistem “terbuka” ini meliputi, penerimaan mahasiswa yang dibuka sepanjang tahun, tidak ada jangka waktu penyelesaian studi, penggunaan multimedia untuk pembelajaran, serta terbuka untuk semua kalangan dan usia. Hal yang perlu kamu ketahui juga, UT ini termasuk salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) loh. Makin penasaran, kan? Coba kepoin informasi tentang UT yang sudah Brain Academy rangkum di bawah ini.

Sejarah Universitas Terbuka

Cikal bakal pendirian UT, karena adanya isu dalam dunia pendidikan, yaitu rendahnya mutu dan kualitas guru, serta terbatasnya daya tampung pendidikan tinggi. Akhirnya, pada akhir 1970-an, banyak guru yang dididik secara darurat dalam program singkat. Alasannya? Karena adanya keterbatasan biaya, serta mereka yang harus meninggalkan tugasnya sebagai pengajar untuk menempuh pendidikan lanjutan.

Baca Juga: Kapolri Tekankan Hal ini Dihadapan Angkatan Muda Muhammadiyah

Melihat situasi tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi pun melaksanakan program Pendidikan Jarak Jauh PGSLP D2 kepada guru-guru tingkat sekolah menengah pada tahun 1981. Program ini diberi nama Program Belajar Jarak Jauh Proyek Pengembangan Pendidikan Diploma Kependidikan.

Lantas, pada akhir tahun 1981, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan untuk mendirikan sebuah universitas yang non-konvensional dengan sistem terbuka. Universitas ini diberi nama Universitas Terbuka Indonesia, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden No. 41 Tahun 1984.

Akreditasi dan Ranking

Akreditasi B oleh BAN-PT

Halaman:

Editor: Dodi Hendra

Tags

Terkini

Wajib Tahu, Begini Cara Daftar Penerima BLT BBM

Kamis, 8 September 2022 | 13:03 WIB
X