• Senin, 15 Agustus 2022

Guru PPPK Dapat Dana Pensiun, Ini Penjelasan BKN

- Minggu, 24 Juli 2022 | 19:53 WIB
Ilustrasi  (Foto | BritAkan.com )
Ilustrasi (Foto | BritAkan.com )

 

JAKARTA,BritAkan.com - Dalam beberapa waktu terakhir muncul sebuah wacana bahwa guru PPPK bisa mendapatkan dana pensiunan setelah purna tugas. 

Para penyandang gelar guru PPPK mungkin menginginkan hal tersebut layaknya ASN dengan status PNS. Namun apakah benar ASN dengan status PPPK bisa mendapatkan dana pensiunan?

Status PPPK sendiri sebenarnya memang tidak berbeda jauh dengan PNS. Kedua aparatur sipil negara tersebut sama-sama pekerja untuk pemerintah, sama-sama mendapatkan jatah gaji dari pemerintah, tunjangan, beserta fasilitas lainnya. Yang menjadi pembeda utama saat ini adalah tidak adanya dana pensiunan bagi para guru dengan status PPPK.

Baca Juga: Kementerian Keuangan Siapkan 10.000 Kuota Beasiswa Pendidikan Profesi Guru

PPPK termasuk para guru yang bekerja di bidang pendidikan memang dipekerjakan atau ditunjuk oleh pemerintah dengan masa kontrak tertentu. Durasi kontrak kerja tersebut sangat variatif. Ada yang memiliki kontrak selama satu atau lima tahun, dan jika pekerjaannya bagus bisa mendapatkan perpanjangan.

Sementara itu, para PNS tidak memiliki masa kontrak, dengan sebutan lain bisa dikatakan sebagai pegawai tetap untuk pemerintah. Sehingga ketika purna tugas, mereka akan mendapatkan jaminan hari tua yaitu berupa uang pensiunan di mana hal ini tidak akan didapatkan oleh para guru PPPK– setidaknya hingga saat ini.

Kemudian muncul wacana bahwa bahwa guru PPPK dapat dana pensiun. Sayangnya, yang dapat dilaporkan hingga saat ini, bahwa belum ada ketok palu secara resmi terkait dana pensiunan tersebut untuk para guru PPPK. Namun tidak menutup kemungkinan juga akan terdapat dana pensiun untuk para guru PPPK di masa yang akan datang.

Baca Juga: Begini Modus Mafia Tanah yang Dilakukan Internal Kementerian ATR/BPN

Untuk saat ini pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih menggodok terkait regulasi yang pas untuk kesejahteraan PPPK. Hal tersebut diungkapkan oleh Dwi Haryono selaku Perancang Peraturan Perundang-undangan di Direktorat Perundang-undangan BKN.

Halaman:

Editor: Yohanes Dodi Hendra

Sumber: Naikpangkat.com

Tags

Terkini

Guru PPPK Dapat Dana Pensiun, Ini Penjelasan BKN

Minggu, 24 Juli 2022 | 19:53 WIB

KPU Buka Tahapan Pendaftaran Partai Politik

Jumat, 22 Juli 2022 | 06:58 WIB
X