• Senin, 15 Agustus 2022

Begini Modus Mafia Tanah yang Dilakukan Internal Kementerian ATR/BPN

- Jumat, 22 Juli 2022 | 22:33 WIB
Logo Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) (Foto | atrbpn.go.id)
Logo Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) (Foto | atrbpn.go.id)

 

JAKARTA,BritAkan.com - Seperti diketahui, sindikat mafia tanah bekerja secara terstruktur. ternyata modus yang digunakan oleh jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yaitu pemalsuan berkas atau sertipikat, menggugat melalui pengadilan, melakukan penguasaan tanah secara fisik oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, berpura-pura membeli tanah, hingga berpura-pura kehilangan sertipikat tanah.

Tak dipungkiri, dalam menjalankan beberapa modus tersebut, masih ditemukan keterlibatan jajaran dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

"Apa yang dilakukan aparat penegak hukum dalam hal ini Satgas (Satuan Tugas, red) Anti-Mafia Tanah adalah sebuah fakta hukum yang tidak perlu kami (ATR/BPN) defensif," ujar Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni dalam wawancara yang dilakukan secara daring pada program “Sapa Indonesia Malam” Kompas TV pada Selasa (19/07/2022). 

Baca Juga: Resmi Diluncurkan, Ini Format Baru NPWP yang Harus Diketahui

Oleh sebab itu, untuk menghindari keterlibatan jajaran dalam sindikat mafia tanah, Kementerian ATR/BPN tentu berkomitmen dalam melakukan perbaikan internal.Dikatakan oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, dalam jangka pendek upaya yang dilakukan Kementerian ATR/BPN adalah mempererat kerja sama dengan Satgas Anti-Mafia Tanah.

Selain itu, Raja Juli Antoni mengungkapkan, dalam 34 hari masa kerjanya di Kementerian ATR/BPN, sejatinya ia bertemu dengan banyak sekali Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki komitmen, dedikasi, dan loyalitas yang tinggi.

"Maka Pak Menteri juga katakan kalau seandainya terjadi, orangnya benar, tetapi masih terseret juga dalam kasus hukum, maka Pak Menteri akan pasang badan melakukan proteksi kepada teman-teman yang sudah bekerja secara prosedural,“ ungkapnya.

Baca Juga: Pemilik Homestay di Labuan Bajo Tawarkan Nginap Gratis ke Presiden Jokowi

Sedangkan, dalam jangka panjang Kementerian ATR/BPN juga terus melakukan perbaikan pada sistem manajemen sumber daya manusia (SDM).

Halaman:

Editor: Yohanes Dodi Hendra

Sumber: atrbpn.go.id

Tags

Terkini

Guru PPPK Dapat Dana Pensiun, Ini Penjelasan BKN

Minggu, 24 Juli 2022 | 19:53 WIB

KPU Buka Tahapan Pendaftaran Partai Politik

Jumat, 22 Juli 2022 | 06:58 WIB
X