• Senin, 15 Agustus 2022

Ini Modus baru Peredaran Kokain masuk ke Indonesia

- Jumat, 22 Juli 2022 | 18:46 WIB
,BritAkan.com – Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Krisno H Siregar (Foto |Humas Polri)
,BritAkan.com – Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Krisno H Siregar (Foto |Humas Polri)

JAKARTA,BritAkan.comDirektur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Krisno H Siregar mengatakan Polri melakukan penyidikan untuk mencegah dan mengungkap jaringan penyeludupan kokain ke Indonesia. Diketahui, jaringan penyelundupan tersebut aktivitasnya mulai meningkat akhir-akhir ini.

“Kami akui ada peningkatan penyeludupan kokain ke Indonesia. Kami tengah melakukan penyidikan untuk mengungkap jaringannya,” kata Krisno di Jakarta, seperti dikutip Jumat (22/7/2022).

Krisno membeberkan, penyeludupan kokain ke Indonesia terjadi dengan modus membuang kokain di laut atau perairan di beberapa wilayah Indonesia. Misalnya di perairan Kabupaten Anambas ditemukan 36 kg kokain pada hari Jumat (1/7).

Baca Juga: Kembangkan UKM Pemda Matim Berikan Pelatihan Tenun Milenial

Sebelumnya, awal Mei 2022 aparat TNI menemukan 179 kg kokain di Perairan Selat Sunda setelah menindaklanjuti informasi intelijen terkait dugaan ada penyeludupan narkoba melalui Pelabuhan Bakauheni-Merak.

Menurut Krisno, modus operansi membuang kokain di laut atau perairan bukan hanya terjadi di Indonesia. Tapi juga juga di beberapa negara lain.

Berdasarkan data Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, Indonesia bukan negara tujuan peredaran gelap kokain di dunia. Pasalnya, penyalahgunaan jenis narkoba yang paling banyak di Indonesia adalah ganja, sabu-sabu, MDMA (pil ekstasi), dan bahan psikoaktif lainnya.

Baca Juga: Anak dari Seorang Juru Parkir di NTT Lulus Penerimaan Bintara Polri

Dalam penyidikan penyeludupan kokain ke Indonesia ini, Dittipidnarkoba Bareskrim Polri telah melakukan pertemuan dengan sejumlah negara untuk membahas persoalan penyeludupan tersebut.

Halaman:

Editor: Yohanes Dodi Hendra

Sumber: Humas Polri

Tags

Terkini

Guru PPPK Dapat Dana Pensiun, Ini Penjelasan BKN

Minggu, 24 Juli 2022 | 19:53 WIB

KPU Buka Tahapan Pendaftaran Partai Politik

Jumat, 22 Juli 2022 | 06:58 WIB
X