• Minggu, 4 Desember 2022

KPK Berhasil Menyelamatkan Potensi Kerugian Keuangan Negara Sebesar 26,16 Triliun

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:52 WIB
Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango dalam agenda laporan pencapaian kinerja semester satu pada Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK di Gedung Merah Putih, Kamis (11/8) (Foto| KPK)
Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango dalam agenda laporan pencapaian kinerja semester satu pada Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK di Gedung Merah Putih, Kamis (11/8) (Foto| KPK)

 JAKARTA,Britakan.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil merealisasikan penyelamatan potensi kerugian keuangan negara sebesar Rp26,16 triliun.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam agenda laporan pencapaian kinerja semester satu pada Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK di Gedung Merah Putih, Kamis (11/8).

Dalam paparannya, Nawawi menjelaskan dari total tersebut sebesar Rp3,17 tiliun merupakan optimalisasi pendapatan daerah. Sementara untuk penyelamatan atau penertiban aset pemerintah totalnya mencapai Rp22,98 triliun (15.806 aset).

Baca Juga: Mahasiswa dan Pelajar Indonesia Mengaku anti Pancasila dan Malah Pro khilafah, Ini Kata Wakapolri

“Koordinasi ini mencakup penetapan sistem pelaporan, permintaan informasi, kegiatan dengar pendapat, serta permintaan laporan pencegahan terhadap instansi yang berwenang mencegah terjadinya tindak pidana korupsi,” kata Nawawi.

Untuk mengoptimalisasi pendampingan, Deputi Bidang Korsup dipecah menjadi lima wilayah. Harapannya, lanjut Nawawi, setiap wilayah di Indonesia bisa terjangkau dan mendapatkan pelayanan yang sama dalam mengkoordinasikan seluruh pemangku kepentingan dalam melaksanakan tugas pendidikan, pencegahan, maupun penindakan.

Selain memiliki fokus pada pendampingan pemerintah dalam menyelamatkan keuangan negara dan keuangan daerah, Deputi Bidang Korsup juga memiliki pelbagai program lainnya. Diantaranya adalah penyelamatan danau prioritas nasional, perbaikan tata kelola sektor pertambangan, dan supervisi perkara.

Baca Juga: Korupsi Dana Desa Senilai 544 juta, Kades di Manggarai Kini Ditahan Kejari

Penyelamatan Danau Prioritas Nasional

Halaman:

Editor: Dodi Hendra

Sumber: kpk.go.id

Tags

Terkini

Kapolri Ungkap Pesan Presiden Untuk Jajaran Polri

Jumat, 14 Oktober 2022 | 19:50 WIB
X