• Minggu, 25 September 2022

Kisah Hidup Liem Seeng Tee Pendiri PT HM Sampoerna Meninggal Usai Ideologi komunisme Masuk di Indonesia

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 20:56 WIB
Liem Seeng Tee, Pendiri PT. HM Sampoerna (Foto| Britakan.com )
Liem Seeng Tee, Pendiri PT. HM Sampoerna (Foto| Britakan.com )

Britakan.com - Liem Seeng Tee adalah pendiri PT. HM Sampoerna,  lahir  di Fujian, Tiongkok pada 1893 dan meninggal di Surabaya, Jawa Timur pada tahun 1956.

Sebuah perusahaan rokok besar di indonesia. Liem Seeng Tee adalah generasi pertama dari keluarga sampoerna, ayah dari Aga Sampoerna dan kakek dari Putera Sampoerna.

Liem Seeng Tee adalah seorang imigran dari sebuah keluarga miskin di provinsi Fujia Tiongkok.

Baca Juga: Eksotis 17 Taman Laut di Pulau Riung Flores

Liem Seeng Tee datang ke Indonesia pada tahun 1898 bersama kakek perempuan dan ayahnya.Tak lama setelah tiba di indonesia, ayahnya meninggal.

Sebelum meninggal, Liem Seeng Tee dititipkan disebuah keluarga Tionghoa di Bojonegoro. Di keluarga Tionghoa tersebut Liem Seeng Tee menerima pelajaran tentang keuangan. Hingga umur 11 tahun Liem Seeng Tee diasuh dikeluarga tersebut.

Setelah itu, Liem Seeng Tee hidup mandiri dalam memenuhi kebutuhan hidup dengan berjualan makanan kecil di dalam gerbong kereta jurusan Surabya- Jakarta dengan cara melompat masuk pada malam buta.

Baca Juga: Adu Kekayaan Panglima TNI Andika Perkasa dan Jendral Listyo Sigit Prabowo ,Siapa Lebih Unggul ?

Liem Seeng Tee pernah berjualan makanan kecil selama 18 bulan penuh tanpa istirahat sekalipun.Di situ dia belajar meracik tembakau yang kemudian dijualnya di stasiun kereta api.

Halaman:

Editor: Dodi Hendra

Tags

Terkini

X