• Senin, 15 Agustus 2022

Sering Dipakai Transaksi Setiap Hari, Ternyata Begini Pabrik Uang di Indonesia

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:15 WIB
Uang kertas yang sudah dicetak oleh Peruri  (Foto| Istimewa )
Uang kertas yang sudah dicetak oleh Peruri (Foto| Istimewa )

BritAkan.com- Peruri adalah perusahaan umum percetakan uang republik Indonesia menjadi satu-satunya badan usaha milik negara (BUMN) yang mendapat mandat oleh pemerintah untuk mencetak uang dan dokumen resmi lain.

Uang kartal yang dicetak yakni dalam bentuk kertas dan logam berdasarkan peraturan pemerintah PP nomor 06 tahun 2019 Peruri memiliki tugas utama untuk mencetak uang republik Indonesia sesuai pesanan dari Bank Indonesia.

Dalam pencetakan uang kertas, Peruri menerapkan standar operasional prosedur yang berpengalaman tinggi untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan proses cetak uang, mulai dari proses desain uang penyediaan kertas tinta maupun proses cetaknya hingga akhirnya menjadi uang rupiah siap edar yang memiliki beberapa fitur pengaman.

Baca Juga: Berdasarkan PDRB Perkapita Tahun 2021, Ini Daftar Provinsi Terkaya di Indonesia Tahun 2022

Fitur pengamanan yang dikenal luas oleh masyarakat pada uang kertas adalah penggunaan watermark cetak Kimtalio benang pengaman dan tinta security, selain fitur-fitur security yang mudah dikenali oleh masyarakat umum tersebut juga diterapkan unsur pengaman tidak kasat mata yang hanya dapat diketahui melalui bantuan alat maupun oleh petugas laboratorium atau forensik untuk.

Untuk uang logam fitur pengamanannya lebih menonjolkan aspek kerumitan desain dan detail hasil cetak perusahaan umum percetakan uang republik Indonesia Peruri menjadi satu-satunya badan usaha milik negara (BUMN) yang mendapat mandat oleh pemerintah untuk mencetak uang dan dokumen resmi lain uang kartal yang dicetak yakni dalam bentuk kertas dan logam.

Dalam prosesnya, Peruri hanya bertindak sebagai pencetak uang saja, sebab kebijakan untuk pembuatannya berada di tangan Bank Indonesia, peruri hanya memenuhi target kontrak yang diberikan Bank Indonesia.

Baca Juga: Sri Mulyani menyebut Digitalisasi persempit peluang praktik korupsi

Berada di kawasan industri Karawang, Peruri berdiri di lahan seluas 202 hektar terdiri dari areal percetakan uang kertas percetakan uang logam dan areal percetakan dokumen resmi seperti materai,cukai, sertifikat tanah dan paspor.

Halaman:

Editor: Dodi Hendra

Tags

Terkini

X