• Senin, 15 Agustus 2022

KPK Bangun Integritas Parpol dengan Pendidikan Antikorupsi

- Rabu, 20 Juli 2022 | 18:27 WIB
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata hadir  dalam kegiatan Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022 ,Selasa/19/7/2022 (Foto |Kpk.co.id)
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata hadir dalam kegiatan Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022 ,Selasa/19/7/2022 (Foto |Kpk.co.id)

 

JAKARTA,BritAkan.com - Untuk mencapai demokrasi yang ideal dibutuhkan pendidikan yang setara di tengah keragaman masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata dalam kegiatan Politik Cerdas Berintegritas (PCB) Terpadu 2022 untuk Partai Keadilan Sejahtera (PKS), di Ruang Auditorium Randi-Yusuf Gedung Anti-Corruption Learning Center (ACLC) KPK, Jakarta, Selasa, (19/7).

Menurut Alex, pentingnya peran dan kualitas pendidikan masyarakat merupakan bagian dari upaya penguatan demokrasi di Indonesia.

Baca Juga: Integritas dan Perbaikan Sistem Kunci agar Tidak Terlibat Korupsi

“Karakteristik demokrasi itu harus mampu membangun sistem politik dan pemerintahan yang kondusif untuk menghadirkan iklim pendidikan yang baik,” ungkap Alex.

Lanjut Alex, salah satu pilar yang ingin KPK dorong ialah partai politik (parpol), karena nilai strategis dari parpol memungkinkan untuk dilakukan pencegahan. Dalam pandangan KPK, parpol adalah salah satu dari tiga komponen penting untuk menciptakan mekanisme politik yang cerdas dan berintegritas.

“Tentu tidak cukup jika KPK hanya berharap kepada parpol untuk berintegritas. Contohnya seperti penyelenggaraan pemilu, terdapat tiga komponen yang sudah KPK petakan, diantaranya KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara, parpol yang mencalonkan para kader, serta konstituen atau masyakat sebagai pemilih,” jelas Alex.

Baca Juga: KPK Dorong Sinergi Selesaikan Kejahatan Pertanahan

Lanjut Alek menjelaskan, dari tiga komponen tersebut, KPK mengingatkan agar bisa bersama-sama membangun dan meningkatkan kesadaran berintegritas dalam pelaksanaan pemilu. Hal itu dilakukan sesuai dengan harapan semua anak bangsa untuk mewujudkan sebuah integritas.

Halaman:

Editor: Yohanes Dodi Hendra

Sumber: kpk.go.id

Tags

Terkini

X