• Minggu, 5 Februari 2023

Lebih 350 Umat Hindu Gelar Persembahyangan Siwaratri di Candi Prambanan Sleman Yogyakarta

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 13:11 WIB
Lebih 350 Umat Hindu Gelar Persembahyangan Siwaratri di Candi Prambanan Sleman Yogyakarta. (Dok. Kemenag via britakan.com)
Lebih 350 Umat Hindu Gelar Persembahyangan Siwaratri di Candi Prambanan Sleman Yogyakarta. (Dok. Kemenag via britakan.com)

BRITAKAN.com - Lebih dari 350 Umat Hindu Indonesia, pada Jumat (20/1/2023), melaksanakan persembahyangan Hari Suci Siwaratri di Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Persembahyangan Siwaratri adalah malam perenungan suci untuk melakukan evaluasi dan introspeksi diri atas perbuatan atau dosa yang telah dilakukan agar diberikan tuntunan menuju jalan yang terang dalam menjalankan kebaikan.

Ini adalah akivitas persembahyangan kali kesekian yang dilaksanakan umat Hindu pascaterbitnya Nota Kesepakatan dan Pedoman Pemanfaatan Candi Prambanan, dilansir dari laman resmi kemenag.go.id.

Baca Juga: Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena Apresiasi Pelayanan Kesehatan di Yogyakarta

"Tim Pemanfaatan Candi Prambanan telah menetapkan jadwal kegiatan peribadatan sepanjang tahun 2023, harapannya umat Hindu dari seluruh pelosok Indonesia bahkan dunia dapat hadir," ungkap Ketua Tim Pemanfaatan Candi Prambanan, Astono Candra Dana.

Selain kegiatan peribadatan terjadwal, Astono menambahkan umat Hindu juga masih dapat melakukan peribadatan bersama di Candi Prambanan.

"Umat juga bisa Tirta Yatra, Dharma Yatra, termasuk juga mau melaksanakan persembahyangan sendiri-sendiri dan setiap hari juga boleh, yang penting ikuti ketentuan yang berlaku sesuai dengan yang telah disosialisasikan Tim dan Bimas Hindu," sambungnya.

Dirjen Bimas Hindu, I Nengah Duija menyampaikan penetapan Candi Prambanan sebagai pusat rumah ibadah umat Hindu Indonesia dan dunia adalah bentuk komitmen pemerintah dalam mendukung kesucian dan kelestarian warisan leluhur nusantara.

Baca Juga: Patut Jadi Contoh! Begini Cara SMAN 9 Manado Sulawesi Utara Kembangkan Semangat Toleransi Beragama di Sekolah

"Pemerintah telah memberikan ruang bagi Hindu untuk memanfaatkan Candi Prambanan dalam kepentingan agama, sekarang saatnya kita tunjukkan komitmen dan soliditas bersama dalam menjaga kesucian dan kelestariannya" ungkapnya.

Halaman:

Editor: Konradus Fedhu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X