• Minggu, 5 Februari 2023

Resah Gelisah Petani Kopi Arabika Flores Bajawa, Dialog Langsung Dengan Ketua MPIG Rikardus Nuga, Visioner!

- Jumat, 20 Januari 2023 | 19:10 WIB
Ketua Asosiasi Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Arabika Flores Bajawa (AFB), Rikardus Nuga (paling kiri) bersama timnya. (britakan.com/John Lobo)
Ketua Asosiasi Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Kopi Arabika Flores Bajawa (AFB), Rikardus Nuga (paling kiri) bersama timnya. (britakan.com/John Lobo)

BRITAKAN.com - Hari Kamis (19/1/2023) sekitar pukul 06:06:01 WIB Penulis mendapat panggilan via telepon dari Ketua Asosiasi Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) kopi Arabika Flores Bajawa (AFB), Rikardus Nuga.

Percakapan pun berlangsung selama 10 menit 32 detik.

Isi pembicaraan berawal dari apresiasinya karena telah mengangkat keresahan dan kegelisahan para pegiat kopi Arabika Flores Bajawa ke media massa.

Baca Juga: Keterbatasan Bukan Penghalang, RD Arnoldus Yansen Terus Bergerak Bersama Literasi Katakan dengan Buku

Sehingga menurut Rikardus Nuga berita tersebut bisa menjadi informasi untuk masyarakat pada umumnya sekaligus bahan refleksi.

Kopi Arabika Flores Bajawa salah satu kopi terbaik di dunia yang menjadi warisan alam kebanggaan warga Ngada Flores dan NTT kini butuh perhatian serius dari Pemerintah Daerah Ngada. (britakan.com/John Lobo)

Selanjutnya didiskusikan bagi pihak-pihak terkait sembari menemukan solusi terbaik bagi dunia perkopian di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT), tanah di mana tumbuhnya kopi Arabika Flores Bajawa yang mendunia.

Beberapa problem mendasar tentang kopi Arabika Flores Bajawa (AFB) saat ini adalah:

Pertama, menyusutnya luas lahan yang disinyalir karena terjadinya alih fungsi lahan yaitu perubahan fungsi sebagian atau seluruh kawasan lahan dari fungsinya semula (kopi) menjadi fungsi lain yang membawa dampak tidak menguntungkan seperti hortikultura dan tanaman pangan lainnya.

Baca Juga: Kapolres Ngada AKBP Padmo Arianto Resmi Buka Pelatihan Gada Pratama Satpam Gelombang I Tahun 2023 Polda NTT

Halaman:

Editor: Konradus Fedhu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X