• Minggu, 5 Februari 2023

Catat! Pemda Matim dan BPJS Kesehatan Teken Kerja Sama Universal Health Coverage, Semua Warga Harus Punya Ini

- Selasa, 17 Januari 2023 | 06:40 WIB
Catat! Pemda Matim dan BPJS Kesehatan Teken Kerja Sama Universal Health Coverage, Semua Warga Harus Punya Ini. (britakan.com/Humas Pemkab Matim)
Catat! Pemda Matim dan BPJS Kesehatan Teken Kerja Sama Universal Health Coverage, Semua Warga Harus Punya Ini. (britakan.com/Humas Pemkab Matim)

BRITAKAN.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Manggarai Timur (Matim) melalui Dinas Kesehatan terus melakukan berbagai langkah terobosoan dalam aspek layanan kesehatan bagi masyarakat.

Sebagaimana informasi yang diterima Britakan.com untuk selanjutnya dikabarkan ke seluruh masyarakat Matim Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) baru-baru ini.

Bahwa dari tahun 2022-2023, Pemda Manggarai Timur dan BPJS Kesehatan telah menandatangani PKS-UHC (Perjanjian Kerja Sama-Universal Health Coverage).

Baca Juga: Puskesmas Lengkong Cepang Manggarai Barat Flores NTT Tak Layak Operasi, Tak Ada Listrik & Banyak nyamuk besar

Dalam kesepakatan kerja sama itu, Pemda Matim menjamin semua masyarakat untuk memperoleh layanan kesehatan dengan BPJS.

Persyaratan yang utama adalah memiliki KTP dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang valid.

Terkait hal itu diimbau untuk semua warga masyarakat yang belum memiliki BPJS, agar segera berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Matim untuk mengecek validitas NIK.

Selanjutnya ke Dinsos untuk proses rekomendasi mendapatkan BPJS.

Baca Juga: Geger! Ratusan siswi SMP dan SMA di Ponorogo Jatim Hamil di luar nikah, Ramai-ramai Lakukan hal Ini

Bagi yang masuk rumah sakit (RS) belum punya BPJS, bila NIK valid, bisa segera diaktifkan BPJS dalam maksimal 3 x 24 jam agar bisa dijamin oleh BPJS kesehatan, dengan cara melaporkan ke petugas RS, selanjutnya pihak RS akan berkoordinasi dengan Pemda Matim untuk proses selanjutnya.

Halaman:

Editor: Konradus Fedhu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X