• Minggu, 25 September 2022

Lama Tak Berkantor, Kepala Sekolah SD Negeri Heret di Manggarai Timur Langgar PP No 53 Tahun 2010 ?

- Kamis, 1 September 2022 | 05:37 WIB
Papan nama sekolah SDN Heret yang berlokasi di Desa Lencur,Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur . (Foto| Petu Aryanto )
Papan nama sekolah SDN Heret yang berlokasi di Desa Lencur,Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur . (Foto| Petu Aryanto )

BORONG,Britakan.com - Sungguh amat menyedihkan! Pasalnya kepala sekolah SDN Heret, kecamatan Lamba Leda, kabupaten Manggarai Timur, provinsi Nusa Tenggara sejauh ini melakukan perbuatan tidak baik. 

Bagaimana tidak! Seharusnya sebagai seorang yang berwibawa secara intelektual maupun sikap, kepala sekolah bersangkutan mestinya memberikan contoh yang baik bagi para guru dan seluruh peserta didik. Namun, yang terjadi ia malah tidak menjalankan tanggung jawab dan perannya sebagai pemimpin tertinggi di tingkat sekolah. Ia justru tidak disiplin: enggan hadir di sekolah selama masa jabatannya sebagai kepala sekolah. Sehingga atas dasar itu, diduga kuat ia pun melanggar PP No.53 tahun 2010, tentang disiplin Pegawai Negri Sipil (PNS). 

Salah satu guru, Rikardus Tomo, membenarkan hal ini. Dalam wawancaranya pada Sabtu, 27 Agustus 2022, ia menegaskan bahwa kepala sekolah tersebut memang jarang datang ke SDN Heret

Baca Juga: Ini Cara Pendaftaran Program Subsidi BBM Tepat Sasaran

"Benar pak. Sejauh ini ibu kepsek (kepala sekolah) hanya datang sekali dalam tahun ajaran baru ini. Itu pun selama berkunjung, beliau tinggal selama 4 hari di sini. Sesudah itu ia jalan lagi ke Ruteng", tegas beliau. 

Selain itu, beberapa siswa juga membenarkan informasi ini. Gawatnya, selain menginformasikan perihal ketidakhadiran beliau, bahkan juga ditegaskan bahwa mereka tidak tahu perihal identitas kepala sekolah yang baru. 

Hal ini diakui beberapa siswa, di antaranya Sisilia J. , Gregorius R. , Leonardus J. , dan Avelinus S. " Sejauh ini, ibu sudah lama tidak datang ke sekolah. Sampai-sampai kami juga tidak tahu namanya dan seperti apa bentuk wajah ibu kepala sekolah kami", tegas mereka. 

Baca Juga: Benarkah Daging kambing, durian dan Kopi bisa Menyebabkan Hipertensi?

Hal ini tentu menuai kritik dari masyarakat setempat. Benyamin Dahi, warga kampung Heret, misalnya, menegaskan bahwa kualitas kerja kepala sekolah SDN Heret sejauh ini patut dipertanyakan. Sebab baginya, tindakan kepala sekolah tersebut bukan hanya merugikan negara, tetapi juga peserta didik, para guru, orang tua, dan masyarakat secara umum. 

Halaman:

Editor: Dodi Hendra

Tags

Terkini

X