• Senin, 15 Agustus 2022

Dituduh Mengendap Dana Tamsil Guru, Kadis PPO Matim, Itu Tidak Benar!

- Kamis, 28 Juli 2022 | 08:43 WIB
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur, Basilius Teto (Foto| BritAkan.com )
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur, Basilius Teto (Foto| BritAkan.com )

BORONG,BritAkan.com- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai Timur kembali mendapat sorotan. Pasalnya, dana tambahan penghasilan (Tamsil) guru non PNS tahap dua hingga saat ini tak kunjung cair.

Menanggapi keluhan dari para guru, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Timur, Basilius Teto, menjelaskan bahwa meknisme pencairan dana tamsil bagi guru-guru non PNS mengacu pada Permendikbud Nomor 4 Tahun 2022. tiga jenis tunjangan bagi guru ASN di Daerah seperti Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus dan Tambahan Penghasilan atau Tamsil.

Kepada wartawan, Selasa 26/7/2022 Teto berkomitmen bahwa dinas PPO Matim akan melakukan pencairan dana tambahan penghasilan untuk triwulan dua yakni, bulan Mei, Juni dan Juli. pencairan akan dilakukan pada bulan Agustus 2022.

Baca Juga: Kendala biaya ,Mobil Dinas dari salah satu Anggota DPRD Matim Ditahan oleh PT Bosowa Ruteng

Lebih lanjut, Basilius menjelaskan bahwa apa yang disampaikan oleh warga dengan membuat surat terbuka yang ditujukan kepada kepada Bupati Matim dan menuduh dinas yang dipimpinnya sering ” mengendap” dana tamsil guru-guru penerima tamsil sangat tidak benar.

” Sangat disayangkan, bila ada warga yang menuduh bahwa dinas PPO sengaja menahan dana tambahan penghasilan dari guru. Saya tidak pernah menahan dana tamsil atau dana apapun demi kepentingan pribadi saya," ungkap Teto.

Dikatakannya, Dinas PPO hanya mengajukan untuk pencairan dana Tamsil sesuai dengan jumlah guru penerima Tamsil kepada Badan Keuangan Daerah ( BKD), jika sudah di setujui maka uang tersebut akan ditranfer langsung dari khas daerah ke Bank yang dituju bukan melalui rekening dinas PPO,” pungkasnya.

Sementara itu, terkait dugaan manipulasi dana untuk kepentingan pileg 2024, Teto membantahnya dengan keras. menurutnya, informasi manipulasi dana untuk kepentingan pileg 2024 sangat tidak mendasar. 

Baca Juga: Pembangunan Rusun di NTT Menghabiskan Dana Puluhan Miliar, Ini Kata Kementrian PUPR

Ia menegaskan, informasi tersebut sangat merugikannya secara pribadi dan kelembagaan. "Saya tidak pernah menyatakan untuk maju sebagai calon anggota legislatif dari partai manapun. apalagi saat ini saya masih sebagai berstatus Aparatur Sipil Negara ( ASN) tentunya kami tetap mengacu pada sumpah jabatan yang telah kami ucapkan,” tegasnya Basilius.

Halaman:

Editor: Yohanes Dodi Hendra

Tags

Terkini

X